Memulai Dari manakah belajar Web Programming ?

Cat DTech


Memulai Dari manakah belajar Web Programming ? - Yak!! Sekian lama tak posting karena masih sering .... eng ... ya gitulah .. dari judul post juga udah ketahuan, apa yang mau dibahas. Tentu saja Web Programming dan dari manakah kita akan memulainya ?.


Pertanyaan tersebut telah ditanyakan oleh sejuta umat yang tertarik dengan Web Programming, tapi selalu berakhir dengan ketidaktahuan, nekat,dan akhirnya gagal. Memang menyedihkan tapi yaa gitulah, gak ada yang namanya instant didunia ini (kecuali mie instant, tapi mie instant wajib di rebus dulu loh jangan salah, terkadang namanya tak sesuai harapan #abaikan). Jika ingin berhasil, ya harus usaha serta berdoa kepada YME agar apa yang nantinya dipelajari bisa berhasil. Kami disini ingin memberikan saran kepada sobat semua yang masih 'hijau' dalam dunia programming khususnya web.

Dimulai dari manakah saya?



Cat DTech - HTML


HTML!!!, kenapa harus HTML dulu ? karena HTML adalah batang tubuh/inti dari sebuah halaman web. Sangat Mustahil membuat sebuah web dengan modal nekat alias tidak memiliki pengetahuan dasar tentang HTML. Dari kata-kata barusan sepertinya HTML itu susah, tapi Tidak!.

So Lucky! HTML itu sangat mudah dipelajari loh? kenapa ? karena penguasaan HTML, anda tidak perlu memiliki pengetahuan tentang dasar programming atau algoritma apapun. cukup menarik bukan ? tapi ingat! HTML bukanlah sebuah 'bahasa pemograman', tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variabel ataupun algoritma apapun. HTML hanyalah sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.


Lalu setelah ke HTML, kemana lagikah ?

Jika anda sudah menguasai HTML walaupun hanya dasar-dasarnya. Anda bisa memilih lanjut antara CSS atau PHP, menurut saya pribadi lebih baik anda pergi ke CSS. Kenapa ? karena anda bakal punya dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web.


Cat DTech - CSS


Kasus CSS Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming seperti IF, LOOP, maupun variabel ataupun algoritma apapun karena, kedua belah pihak CSS ataupun HTML keduanya sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML.


Lalu apakah saya mulai bisa membuat sebuah web dengan berpedoman HTML dan CSS ?

Sejatinya sudah, hanya dengan HTML dan CSS anda sudah bisa membuat sebuah "Web Statis". Web yang hanya dibangun menggunakan HTML dan CSS kebanyakan digunakan untuk membuat Landing Page ataupun hanya portal saja. Tapi jika ingin membuat sebuah web yang lebih besar atau bisa dibilang "Web Dinamis" anda harus mulai belajar pemrograman PHP!

Cat DTech - PHP


Dan disinilah saatnya anda mengetahui bahwa PHP berbeda dengan HTML dan CSS. kenapa ? karena PHP adalah 'bahasa pemrograman' MURNI. Ketika membuat web dengan PHP, terkadang kita perlu untuk menyimpan data seperti registrasi user, laporan penjualan, laporan keuangan. Media penyimpanan ini dikenal dengan Database. Terdapat beragam aplikasi database yang bisa digunakan, saat ini aplikasi database yang paling populer untuk web programming adalah MySQL (walaupun masih memiliki beberapa celah untuk kemungkinan di bobol dengan -SQL Injection-). Anda bisa mempelajari MySQL pada saat yang sama dengan PHP atau bisa saja hanya fokus ke PHP, baru kemudian lanjut ke MySQL. Itu sih terserah anda, tapi jika bisa bersamaan why not ?


Dengan itu, sudahkah bisa saya membuat Web yang dinamis ?

Jawabannya adalah Iya!!, sudah pasti anda bisa membuat sebuah web yang 'WAH!' dengan bermodalkan hal diatas. Tapi menurut saya itu masih tanggung, kenapa ? Karena kutahu engkau begitu (malah nyanyi)...... karena hanya berpedoman pada CSS rasanya website kurang terlihat modern. Kenapa tidak menguasai hal seperti Action Script seperti Java Script.

Cat DTech - JS

JavaScript Sama halnya seperti PHP, JavaScript merupakan 'bahasa pemrograman' MURNI. Anda bisa langsung mempelajari JavaScript setelah belajar HTML, tapi saya menyarankan anda untuk masuk ke JavaScript setelah paham PHP, terutama jika anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman komputer sebelumnya.


Berapakah lama saya menguasai semua itu ?

Jawabannya yaa tergantung, kata-kata ‘menguasai’ disini sangat relatif. Untuk sekedar ‘tahu’ tentang fungsi masing-masing 'bahasa pemrograman' ini, mungkin dibutuhkan waktu yg singkat. Karena anda hanya ingin 'tahu' dan bukan 'menguasai'.

Jadi, mungkin pertanyaannya bisa dibalik, yakni seberapa banyak yang ingin anda pahami? Jika anda benar-benar ingin 'memahami' ataupun 'menguasai' pasti bukan perkara yang mudah. Karena anda dari awal sudah berniat untuk menguasai sebuah 'bahasa permrograman' dimana sebuah bahasa tersebut selalu mengalami perubahan yang signifikan, seperti HTML yang sekarang sudah mampu membuat tag kondisional video yang mampu mengalahkan 'Adobe Flash Player' dengan kekuatan HTML5nya, ataupun perkembangan CSS yg sudah memasuki tahap CSS3 dimana designnya lebih memasuki taraf animasi tapi mampu mengurangi beban load dan ukurannya relatif ringan.

Itu semua kembali lagi kepada anda, jika memang sudah niat untuk 'menguasai' saya sarankan belilah buku panduan manual ataupun ebooknya. karena, jika anda menelusuri di Amazon.com lalu anda mencari di kategori 'Books' pasti anda akan melihat rangkaian buku dari berbagai jenis genrenya. Anda mencari buku 'Programming Language' pasti akan banyak menjumpainya disana, yang membuat saya menyuruh anda kesana adalah anda harus melihat 1 buku yg membahas 1 materi, contohnya HTML lalu anda akan terkejut. kelihatannya HTML terlalu dasar, tapi secara Officialnya buku HTML itu memiliki jumlah halaman yang tidak sedikit yakni 1000-2000. jadi intinya adalah, kalau sekedar 'tahu' anda tidak harus mencari buku seperti itu, cukup belajar online atau baca artikel-artikel di internet saja sudah cukup. Tapi jika anda berniat untuk 'menguasai' tentu saja anda harus mencoba membeli buku itu dan mempelajarinya dengan betul betul.
Jadi jangan ditanya berapa lama yang anda butuhkan untuk menguasainya, karena semua itu 'Relatif' terlebih lagi jangan mengharapkan hasil INSTANT karena didunia ini tidak ada yg Instant (yang namanya mie instant saja harus perlu direbus dahulu baru dimasak, apalagi yg namanya hidup).

Jika ada yg sekiranya sulit dipahami bisa berkomentar, jika tidak saya ucapkan sekian dan terima kasih, see ya Dtechtive!, Diambil dari berbagai Referensi

Yoo! Saya Dyo Mangestu adalah seorang Author/Penulis Lepasan yang masih mencari jati diri. Pecinta segala hal yang berbau Teknologi, tergila-gila sama Code, dan penikmat Game, tertarik dengan dunia Tulis Menulis..

Facebook Twitter Contact Us


Jangan pernah melukain hati-nya seorang Penulis
atau kau akan Abadi di dalam karyanya

4 komentar

ulasan anda sangat menarik, dan akurat kawan
http://www.kangalip.com/

yoi gan :D ..
makasih udah berkunjung~

super sekali Saudara Dyo Mangestu
silahkan berkunjung ke site kami juga viyovi.com

super sekali saudara sipayung, semoga makin langgeng sama gery ya..

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon