Flash! Animation and Interactive Maker Software

Flash! -

Hai hai, jumpa lagi! Gak kerasa udah lama gak update artikel ( ini gara gara problematika hidup yang rumit = = ( lupakan ))
Flash!
Ok, kali ini saya akan membahas soal Flash ( saya tau seharusnya lebih baik fokus di tema desain, tapi ini demi teman sekolah saya yang mulai panik dengan UK :v )

Flash merupakan Software Animasi berbasis vector. Flash juga dapat digunakan untuk membuat media interaktif berbasis Action Script. Flash biasanya digunakan untuk membuat banner, plugin dan untuk membuat website. Namun disaat ini keterpurukan terjadi pada Flash, terutama pada Action Script. Setelah HTML 5 hadir dan menunjukan kehebatannya, Action Script tergeser secara drastis dan digadang gadang akan mengakhiri masanya di dunia media interaktif dan website

Flash

Flash merupakan software animasi dan pembuat media interaktif yang mudah dipelajari.
Flash mengunakan sistem Vector Graphic dan juga memiliki kemampuan membuat media interaktif dengan mengunakan Action Script.

Flash merupakan Software berbayar yang support pada platform Windows dan MacOS.

File ekstensi yang digunakan Flash adalah fla. ( untuk projeknya ) dan juga swf. ( untuk file yang dapat dijalankan ).
Dengan mengunakan Flash, juga dapat membuat sebuah game untuk website, game Android (Mengunakan Adobe Air for Android) dan juga game iOS (Mengunakan Adobe Air for iOS)

Untuk dapat menjalankan file swf. diperlukan Adobe Flash Player yang berbentuk aplikasi maupun plugin website

Flash telah banyak digunakan oleh profesional, Baik itu bidang Animasi dan Game.
Animasi yang dibuat mengunakan Flash adalah Animator v Animation, The Tom and Jerry Show 2014, Teen Titans Go!, My Life as a Teenage Robot, Danny Phantom, George of the Jungle 2007, dan banyak lagi.
Game yang dibuat mengunakan Flash adalah Candy Crush, FarmVille, AngryBird, Machinarium, Diner Dash, dan banyak lagi.
Hal yang sulit selama saya mengunakan Flash adalah memiliki shortcut zoom yang sulit digunakan yaitu Ctrl+ Shift+ Scroll Wheel dan juga ukuran brush tool yang tidak permanen alias dapat berubah setiap melakukan zooming

Versi

Saat ini Flash dipegang penuh oleh Adobe yang sebelumnya milik Macromedia.
Flash Version
Dalam bentuk fitur, Flash merupakan software animasi yang sudah cukup baik dalam fiturnya bahkan mulai dari versi Macromedia Flash Pro 8.
Di Adobe CS 4, fitur bone dan 3D Manipulation sudah dimasukan didalam flash.
Peringatan, Flash tidak dapat support terhadap file fla. versi terbarunya meski cuman berbeda 1 versi. ( file fla. CS 4 tak akan support di CS 3. begitu juga CS3 ke Macromedia Flash Pro 8 )
Untuk mengatasinya, diperlukan downversion pada saat mengsavenya.

Untuk tampilan, disini saya akan tunjukan tampilan Macromedia Flash Pro 8 dan Adobe Flash CS6
  • Macromedia Flash Pro 8
  • Macromedia Flash Pro 8 Start Up Display
    Start Up Display

    Macromedia Flash Pro 8 Workspace
    Workspace

    Macromedia Flash Pro 8 Scripting
    Scripting

    Macromedia Flash Pro 8 Animating
    Animating

  • Adobe Flash CS6
  • Adobe Flash CS6 Start Up Display
    Start Up Display
    Adobe Flash CS6 Workspace
    Workspace
    Adobe Flash CS6 Scripting
    Scripting
    Adobe Flash CS6 Animating
    Animating

    Berikut versi-versi Flash yang ada:
  • Versi
  • RilisTahunKeterangan
    FutureSplash Animator1996Versi awal dari Flash dengan tool editing dasar dan timeline
    Macromedia Flash 11996Merek FutureSplash Animator diubah menjadi Macromedia Flash
    Macromedia Flash 21997Rilis dengan Flash player 2 dan juga penambahan fitur: object library
    Macromedia Flash 31998Rilis dengan Flash player 3 dan juga penambahan fitur: the movieclip element, JavaScript plug-in integration, transparency dan eksternal standalone player
    Macromedia Flash 41996Rilis dengan Flash player 4 dan juga penambahan fitur: internal variables, an input field, advanced ActionScript, dan streaming MP3
    Macromedia Flash 52000Rilis dengan Flash player 5 dan juga penambahan fitur: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, membuatnya mirip dengan JavaScript dalam syntax), XML support, Smartclips ( prekursor untuk komponen di Flash), HTML text formatting ditambahkan untuk dynamic text
    Macromedia Flash MX2002Rilis dengan Flash player 6 dan juga penambahan fitur: a video codec (Sorenson Spark), Unicode, v1 UI Components, compression, ActionScript vector drawing API
    Macromedia Flash MX 20042003Rilis dengan Flash player 7 dan juga penambahan fitur: Actionscript 2.0 (yang memungkinkan model pemrograman berorientasi objek untuk Flash, meskipun ia tidak memiliki Script membantu fungsi versi lain, berarti Actionscript hanya bisa mengetik secara manual), behaviors, extensibility layer (JSAPI), alias text support, timeline effects.

    Macromedia Flash MX Professional 2004 termasuk semua fitur Flash MX 2004, ditambah: Screens (bentuk untuk pengembangan berbasis negara non-linear dan slide untuk mengatur konten dalam format slide linier seperti PowerPoint), integrasi layanan web, video import wizard, komponen Media Playback(yang merangkum MP3 lengkap dan / atau FLV player di komponen yang dapat ditempatkan dalam sebuah SWF), komponen data (DataSet, XMLConnector, WebServicesConnector, XUpdateResolver, etc.) dan data binding APIs, the Project Panel, v2 UI components, dan Transition class libraries.
    Macromedia Flash 82005Rilis dengan Flash player 8, versi ini memiliki dukungan terbatas untuk video dan efek grafis dan animasi canggih.

    Macromedia Flash Professional 8 menambahkan fitur yang fokus pada ekspresi, kualitas, video, dan authoring mobile. Fitur baru termasuk Filter dan mode campuran, mengurangi kontrol untuk animasi, sifat stroke yang ditingkatkan (caps and joins), mode gambar berbasis objek, run-time bitmap caching, FlashType advanced anti-aliasing untuk teks, On2 VP6 advanced video codec, dukungan untuk transparansi alpha dalam video, encoder yang berdiri sendiri dan importir video yang canggih, dukungan titik isyarat dalam file FLV, komponen pemutaran video canggih, dan emulator perangkat mobile interaktif.

    Macromedia Flash Basic 8, versi memiliki fitur yang lebih sedikit, Ditargetkan untuk pengguna baru yang hanya ingin melakukan gambar dasar, animasi, dan interaktivitas.
    Adobe Flash CS3 Professional2007Rilis Flash pertama di bawah nama Adobe, fitur CS3 yang mendukung penuh ActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk dikonversi menjadi ActionScript, menambahkan integrasi yang lebih baik dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop, dan juga menyediakan Vector drawing perilaku yang lebih baik, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks.
    Adobe Flash CS4 Professional2008Berisi Inverse kinematics (tulang), objek manipulasi dasar 3D, animasi berbasis objek, text engine, dan ekspansi lebih lanjut untuk ActionScript 3.0. CS4 memungkinkan pengembang untuk membuat animasi dengan banyak fitur absen di versi sebelumnya.
    Adobe Flash Professional CS52010Flash CS5 dirilis pada 12 April 2010 dan diluncurkan untuk uji coba dan beli yang normal pada tanggal 30 April 2010.

    Flash CS5 Professional mencakup dukungan untuk penerbitan aplikasi iPhone. Namun, pada 8 April 2010 Apple mengubah Lisensi Developer yang untuk secara efektif melarang penggunaan compiler flash-ke-iPhone dan pada 20 April 2010 Adobe mengumumkan bahwa mereka akan membuat tidak ada investasi tambahan dalam penargetan iPhone dan iPad di Flash CS5.

    Fitur lain Flash CS5 adalah text engine baru (TLF), perbaikan lebih lanjut untuk Inverse kinematics, dan panel Code Snippets.
    Adobe Flash Professional CS5.52011Flash Professional CS5.5 dirilis pada tahun 2011. Ini termasuk meningkatkan dukungan untuk penerbitan aplikasi iPhone, berikut revisi Apple istilah pengembang iOS mereka. Flash CS5.5 juga berisi beberapa fitur untuk meningkatkan aplikasi alur kerja mobile di perangkat. Beberapa contoh adalah: Content scaling dan tahap mengubah ukuran, copy dan lapisan pasta, simbol berbagi di file FLA, simbol rasterization, incremental kompilasi, auto-save dan recovery file, dan integrasi dengan layanan online CS Live.
    Adobe Flash Professional CS62012Adobe Flash Professional CS6 dirilis pada tahun 2012. Ini termasuk dukungan untuk menerbitkan file sebagai HTML5 dan menghasilkan lembaran sprite.
    Adobe Flash Professional CC 2013 - sekarangFlash Professional CC dirilis pada Juni 2013 sebagai bagian dari emngubah citra kepada Adobe Creative Cloud . Perubahan mencakup 64-bit scene rendering engine, peningkatan kinerja minor dan perbaikan bug, dan penghapusan fitur warisan seperti ActionScript 2 dukungan. Sebagai bagian dari Creative Cloud Suite, Flash CC juga menawarkan pengguna kemampuan untuk melakukan sinkronisasi pengaturan atau menyimpan file secara online dan terus di update hingga sekarang

    ActionScript

    ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player.
    ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five.
    ActionScript
    Saat ini ActionScript sudah berada di versi 3. Meski begitu tak jarang mengunakan ActionScript 2 (AS2) yang jauh lebih gampang meski tak sepowerfull ActionScript 3 (AS3).
    Perbedaan ActionScript 2 dan 3:
    ActionScript 2ActionScript 3
    Memasukan Script dapat dilakukan di frame, movieclip, button, dan juga graphic Diharuskan memasukan Script di bagian frame
    Dapat digunakan pada Macromedia Flash MX 2004 hingga Adobe Flash CS 6 Dapat digunakan pada Adobe Flash CS 3 hingga Adobe Flash CC
    Kinerja eksekusi lebih lambat daripada AS 3 Kinerja eksekusi lebih cepat daripada AS 2
    Properti pada object menggunakan underscore, contoh : _x,_y,_xscale,_yscale Properti pada object tidak menggunakan underscore, contoh :x, y, scaleX, scaleY
    Perbedaan pemasangan API untuk membuat objek
    ActionScript 2
    Perbedaan pemasangan API untuk membuat objek
    ActionScript 3

    Price & Spec

    Untuk harga Adobe Flash saat ini.
    harganya $. 19.99 USD atau Rp. 275.172,34 ( 27 September 2015 ) perbulan.
    atau $. 239.88 USD atau Rp. 3.302.308,02 ( 27 September 2015 ) pertahun.
    Tapi ini cukup menjanjikan karena disaat membeli, bisa didapatkan.
    - Versi terbaru dari Adobe Flash
    - Akun website portofolio Prosite
    - Typekit desktop dan web fonts
    - 20 GB of cloud storage

    Jika membeli versi CC, disarankan untuk langsung membeli seluruh aplikasi yang dibutuhkan di Adobe, dikarenakan Adobe CC memberikan kemampuan untuk mengkoneksikan Software satu sama lainnya

    Pembelian dapat dilakukan di Adobe buy plan
    Untuk Spesifikasi, dapat di cek di Helpx.Adobe.com

    Bad News for Flash and Action Script

    Memang tak bisa dipungkirin lagi, Namun memang ini kenyataannya.
    Sudah banyak orang yang menginginkan untuk mengakhiri Adobe Flash ini.
    Ditambah dengan gerakan occupyflash yaitu gerakan untuk menghapuskan plugin Adobe Flash dari semua browser di dunia.
    Adobe Flash Blocked
    Bahkan di tahun 2010 Steve jobs memilih untuk tidak mendukung flash pada iPad.
    Pada tanggal 1 September 2015, Google melakukan pembekuan iklan flash pada Google Chome.
    21 September 2015, ActiveDen yang merupakan Marketing terbesar File Adobe Flash mengumumkan penutupan dan sepenuhnya pensiun pada Febuari 2016.
    CommitStrip A Brief History of Flash
    CommitStrip A Brief History of Flash

    Web telah berkembang, Flash telah gagal untuk mengikutinya.
    Dalam dunia open source, Flash sepenuhnya tertutup dan eksklusif.
    Dalam dunia aplikasi web yang dirancang untuk berjalan dengan baik pada platform ringan seperti tablet dan ponsel, Namun Flash adalah raksasa penghisap memori dan baterai.
    Dalam dunia yang semakin sadar akan pentingnya keamanan, Flash penuh dengan lubang dan kode unpatched bertahun-tahun.
    Ini tidak mengherankan bahwa Flash telah terbukti menjadi lahan subur bagi para hacker.

    Juli 2015, sebuah perusahaan bernama Hacking Team dihack , sangat buruk. The Hacking Team adalah perusahaan Italia yang menyediakan seperangkat alat dan layanan hacking, cukup banyak digunakan sehingga instansi pemerintah dan penegak hukum bisa memata-matai siapa pun yang mereka inginkan. Ini hari yang sangat mengerikan untuk Hacking Team termasuk akun twitter mereka yang namanya sebagai "Hacked Team" dan tweeting "Karena kita tidak perlu menyembunyikan, kita menerbitkan semua e-mail, file, dan kode sumber kami ..." dengan link untuk 400GB dari e-mail internal faktur, dan kode sumber. Dalam torrent  400GB beberapa kerentanan keamanan utama yang ditemukan di Flash (yang tidak pernah dilaporkan dan mungkin tidak akan ditemukan tanpa databreach ini). Adobe dengan cepat mengeluarkan patch keamanan, tetapi setelah Mozilla Firefox mengubah cara mereka menangani Flash dalam browser mereka dengan menonaktifkan secara default. Firefox cepat mencabut larangan ini sehari kemudian setelah nyala tetap dua kerentanan utama. Sekarang tema "Kill Flash" ini telah muncul kembali, (sebelumnya Yahoo) kepala keamanan Facebook menyerukan kematian Flash mengatakan, "It’s in a magic bad-but-not-bad-enough hellspot – so just kill it already".  pembicaraan datang dari perusahaan yang membuat ton uang dari game Facebook Flash.

    Apakah Flash masih memiliki harapan?
    Jika saya jawab, saya akan mengatakan "Nah, lupakan. Coba cari jalan lain, mungkin cahaya disana jauh lebih indah daripada disini"
    Dan mungkin seperti itu lah mereka yang mendalami dan berada berkerja mengunakan ActionScript.

    Jangan khawatir. Flash masih dapat di convert ke HTML5 mengunakan Google Swiffy

    So? Why i make this?

    Itu pertanyaannya. Saya tahu kalau Flash dan ActionScript itu sudah dikatakan sekarat, Namun saya tetap berniat untuk membuat artikel ini dan juga akan berlanjut ke artikel tutorial membuat media interaktif.

    Alasan pertama, Ini merupakan informasi. Dimana jika membaca ini mungkin dapat memberikan pilihan untuk apa yang akan dipelajari selanjutnya
    Alasan kedua, Flash dan ActionScript merupakan hal yang mudah untuk dipelajari dan masih digunakan untuk membuat cd tutorial di Indonesia.
    Alasan ketiga, Sebenarnya yang sekarat itu hanyalah ActionScriptnya, yang berarti untuk membuat sebuah animasi, Flash masih merupakan pilihan yang cocok. ( Meski saya masih lebih mensarankan mengunakan ToonBoom )
    Alasan keempat,  Masih terdapat para profesional yang aktif mengunakan Flash. Salah satunya dapat ditemukan di newgrounds.com.
    Alasan kelima, Di Indonesia tepatnya untuk SMK jurusan IT. Terdapat ujian kompetensi (UK) dimana memberikan pilihan untuk membuat media interaktif (dan pilihan ini selalu ada setiap tahunnya) dan Flash merupakan alat pembuat media interaktif yang cepat dan mudah dan juga dapat dibuat mengunakan komputer dalam speksifikasi rendah ( Dikarenakan kekompetibelan softwarenya ). (Sekalian nambah visitor hehe :v ).
    Kabar gembira! Pada awal tahun 2016, Adobe akan membuat era baru bagi Flash Profesional yaitu..... Adobe Animate CC!
    Adobe akan menganti nama Flash dengan Animate dan akan mendukung penuh HTML 5.
    Meski begitu, Adobe Animate CC tetap akan mensupport Flash (Swf.) dan juga AIR.
    Update!!!
    Adobe Animate CC telah keluar!!
    dapat di cek disini

    Ok, mungkin itu saja.
    Ditunggu ya tutorialnya hehe

    2 komentar

    JAdi pengen belajar dan jago desain dan animasi. ajarin gw dong gan ampe mahir. hehehe
    www.hairulachsan.com

    Thanks, commentnya. jadi lebih semangat lanjut artikel :3
    tapi sorry ya, saya mendapat kendala hidup saat ini.
    jadi untuk update berikutnya agak lama, hehe.

    Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

    EmoticonEmoticon