Top 10 Pentest Tool in Kali Linux

Top 10 Pentest Tool in Kali Linux - Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Penetrating Tool di Kali Linux. Kok dengaren bahas Linux ?, Entahlah, kepingin aja berbagi beberapa Tool yang memang pernah saya gunakan sewaktu muda ... eh .. gw masih muda keles -_- ... well.. lets head it~


Pengenalan

Seperti biasa, disetiap pertemuan pasti ada perkenalan dan dibarengi dengan perpisahan.. sedih :') tapi itulah namanya hidup.. ok kembali.
Pada awalnya, kita harus kenalanan dengan Yang namanya Kali Linux,

Lalu ? Apakah yang dimaskud dengan Penetration Testing ?

Cukup dengan perkenalannya, karena jika ingin kenal lebih dalam, tentu saja anda harus berusaha sendiri :3 .. well, kita mulai topik utamanya.

Top 10 Pentest Tool in Kali Linux

1. Metasploit

Metasploit - Cat DTechMetasploit adalah Framework yang Paling terkenal dan Paling banyak digunakan digunakan untuk melakukan Pentest, Mengapa ?, karena Metasploit dapat memiliki dasar pada konsep Exploit yang dimana codenya dapat melewati beberapa bentuk sistem keamanan, dan dapat memasuki sebuah celah tertentu (jika ada celahnya). Jika ia sudah memasukinya dengan sempurna, ia akan menjalankan sebuah code yang bernama "payload" yang akan menjalankan operasi kecil yaitu membuat sebuah Framework sempurna lagi didalam sistem tersebut.

Metasploit dapa digunakan untuk Web App, Networks, Servers, dan Lainnya. Metasploit memiliki dua jenis basis (bukan gitaris), yaitu basis Command Line dan basis Clickable GUI (Graphic User Interface). Metasploit dapat bekerja di banyak OS seperti, Microsoft Windows, Mac OS, dan tentu saja Linux. Metasploit adalah Produk yang berjenis Komersial, tapi tetap saja mereka masih memberikan UjiCoba/Trial pada produknya agar konsumen mampu menganalisa sendiri.

2. Armitage

Armitage - Cat DTechArmitage adalah tool yang mampu memuat beberapa orang untuk menjadi sebuah Team berguna untuk menggunakan Metasploit bersama dan berbagi resultnya.

Karena bekerja dibidang Exploit yang sama, maka dari itu setiap Tim memiliki fitur sebagai berikut:
Menggunakan session yang sama
Berbagi host, mengCaptured data, dan membaginya
Menjalankan bots/robot untuk melakukan kerja secara otomatis

3. Wireshark

Wireshark - Cat DTechWireshark ini pada dasarnya adalah Tool yang berguna mengalanisa protokol jaringan yang lalu memberika minutest-detail mengenai sebuah protokol jaringan yang juga termasuk informasi paket, deskripsi paket dll. Tool ini dapat digunakan di Windows, Linux, Mac OS, Solaris, FreeBSD, NetBSD, dan lainnya. Dengan memiliki 2 basis yakni : GUI Clickcable, dan Utility TTY-ModeTShark

 

4. Burpsuite

Burpsuite - Cat DTechBurpsuite ini pada dasarnya adalah Scanner System (Seperti "pengganggu" pada sebuah Serangan), meskipun banyak Pentester mengatakan bahwa melakukan kegiatan Pentest tanpa Tool ini, tidak dapat dibayangkan :3. Karena kualitasnya yg diakui, tentu saja diperlukan dana untuk menikmati Tool ini, Harga yang dikeluarkan pun setara dengan manfaat dari tool ini. Tool ini dapat digunakan di Windows, Mac OS, dan tentu saja Linux.

 

5. Acunetix

Acunetix - Cat DTechAcunetix adalah Tool yang pada dasarnya berguna memindai kerentanan pada sebuah web. Ia mempu memnginjeksikan Sql, Scripting Crosssite Testing, dan Pengukuhan PCI, dan lainnya. Tentu saja, ini adalah 1 dari sekian banyak Tool yang bisa dibilang "Mahal" :v

 


6. John The Ripper

JTR - Cat DTechJohn the Ripper adalah salah satu dari sekian banyak PasswordCracker. Biasanya alat ini mampu bekerja di banyak tempat, meskipun begitu, basic sistem yang diperlukan adalah UNIX. Tool ini boleh dibilang adalah yang tercepat dibilangnya, kenapa tidak ?, karena ia mengecheck Password hash lalu memBrutenya dengan banyak list dan juga mengecheck tingkat kekuatan Password yang mungkin saja tingkat kesulitannya ribet atau bahkan malah Unik.

 

7. Social Engineer Toolkit

SET - Cat DTechSocial Engineer Toolkit (SET) adalah alat yang tergolong unik, Kenapa ? karena serangan yang dilancarkan Tool ini memiliki target manusia, bukannya sistem keamanan. Tool ini memiliki fitur yang memungkinkan anda mengirim email (spamming), java applet, vbs, bat, dan lainnya. Alat ini hanya digunakan oleh orang yg bertanggung jawab atau kita sebut sebagai White Hat. Basis interfacenya adalah Command Line (Text). Alat ini mampu bekerja dengan bik pada Microsoft Windows, Mac OS, dan Linux.

8. Nmap

Nmap - Cat DTechNmap atau sering disebut sebagai "Network Mapper" juga bisa dibilang termasuk Tool Pentest, bisa juga dibilang tidak termasuk. Tapi, bagi White Hat mereka wajib memiliki tool ini. Karena, tool ini sangat mendukung mereka untuk mendominasi dalam memahami karateristik jaringan targetnya. Karateristik yang dimaksud tersebut adalah, contohnya : Host, Services, Operating System, Firewalls, dan lainnya. Tool ini bekerja baik dengan hampir seluruh OS, dan lagi Tool ini berbasis Open Source

 

9. BeEF

BeEF - Cat DTechBeEF adalah sebuah alat kecil yang berguna mengeksploitasi Framework Browser. Tool yang berfokus pada web browser ini menyerang dengan mengambil keuntungan dari sebuah "Fakta" bahwa browser tersebut memiliki celah. Dengan adanya celah itu, kita dapat masuk kedalam sistem utama browsernya dan encrypt datanya dengan mudah. Tool ini berbasis Clickable GUI, yang dapat bekerja pada Microsoft Windows, Mac OS, dan Linux.


10. Aircrack-ng

Aircrack-ng - Cat DTechAircrack-ng adalah sebuah Tool yang mampu mencari celah sebuah jaringan yg basicnya 802.11 WEP dan WPA-PSK hanya dengan menangkap sinyalnya sekali. Tool inin menerapkan standar FMS Attack dan mampu berintegrasi layaknya KoreK Attacks, dan juga pada PTW Attack, sehingga dapat membuat serangan ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan WEP Cracking Tool lainnya


Demikianlah Top 10 Pentest Tool diatas, jika ada kesempatan, saya akan membahas beberapa software serupa tapi tak sama..
Saya hanya menggunakan beberapa saja untuk kepentingan pribadi sih :3 .. Ingat! apapun masalah yang disebabkan Software ini, bukanlah tanggung jawab Cat DTech
Pihak kami hanyalah menyebarkan Informasi saja, bukan bertujuan untuk menjatuhkan pihak manapun, so.. Take it Easy Kid~
Dengan adanya Tool ini, anda akan sedikit lebih memahami bahwa didunia ini ..

Tidak ada sistem yang sempurna~ and Security ? Is just an illusion~

Yoo! Saya Dyo Mangestu adalah seorang Author/Penulis Lepasan yang masih mencari jati diri. Pecinta segala hal yang berbau Teknologi, tergila-gila sama Code, dan penikmat Game, tertarik dengan dunia Tulis Menulis..

Facebook Twitter Contact Us


Jangan pernah melukain hati-nya seorang Penulis
atau kau akan Abadi di dalam karyanya

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon