Bahasa Program

Bahasa Program

Bahasa Program - Bahasa Program terdengar tidak asing huh ? memang sudah banyak yang membahasa tentang topik ini, tapi mereka tidak membahas sedikit lebih detail. Saya pribadi suka membahas topik yg sedikit lebih detail dan juga membuka sejarah yang lama. Tentang bagaimana sebuah 'bahasa program' ini berkembang. Enough for chit-chat, lets roll~

Pembahasan bahasa program menyangkut software, yaitu suatu pengertian umum untuk menunjukkan semua jenis program yang membuat mesin komputer dapat dimanfaatkan. Adapun software ini dapat digolongkan sebagai berikut :
System Software,
Application Software.
Sementara itu 'program' sendiri merupakan suatu set instruksi yang akan menuntun secara tepat apa yang harus dilakukan oleh komputer.

System Software

Definisinya adalah suatu set program yang disiapkan oleh pabrik komputer untuk memberikan kemudahan operasi komputer oleh para pemakai (user). Hal ini memberikan 'Operating System' yang berupa hal-hal apa yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer, kemudahan untuk menggunakan secara penuh kemampuan hardware yang tersedia, serta mengurangi tugas tugas operator.
System Software ini dapat dibentuk menjadi:
Utility Program, khususnya untuk memindahkan dari satu I/O device ke-I/O lainnya;
Sort/Merge Program, untuk menempatkan secara berurutan data record dalam I/O device (sort) dan untuk menyatukan data record sejenis dari dua atau lebih I/O Device menjadi satu I/O Device;
Package Program, atau disebut 'User Program' yang disiapkan oleh pabrik untuk kepentingan pemakai. Dalam program ini, sebagai contoh adalah 'Easytrieve Program' yang khusus disediakan untuk pemakai (User) untuk meng-call informasi dari data file



Application Software

Definisinya adalah suatu set program untuk menghasilkan aplikasi aplikasi proses khusus, misalnya kepegawain, penggajian, buku besar, tagihan yang masih harus diterima, utang yang harus dibayar, dan lain-lain. Untuk bentuk jelasnya, silahkan melihat bagan yg sudah disediakan dibawah ini.
Diagram Bahasa Program
Untuk Berkomunikasi dengan komputer, kita harus menggunakan 'bahasa' komputer, sehingga komputer dapat melakukan instruksi yang diberikan oleh para pemakai. Adapun dalam komputer, terdapat beberapa bahasa, terutama yang berkaitan dengan kegunaan khusus yang diinginkan agar dapat menghasilkan sesuatu produk. Untuk sampai kepada alamat 'memory' sendiri agar bahasa tersebut dapat dimengerti oleh komputer perlu menggunakan 'Compiler', yaitu suatu set rutin program yang menerjemahkan bahasa komputer tingkat tinggi ke dalam instruksi komputer bahasa mesin.
Pengelompok Bahasa Komputer
Machine Language, hal yang paling digunakan untuk komputer generasi pertama, yaang programmnya disusun sedemikian rupa dan disebut 'object program'. Membuat program semacam ini perlu diketahui terlebih dahulu seluk beluk mesin komputer, sehingga banyak makan waktu dan tenaga.
Machine Oriented Assembler Language, timbul sejak sekitar tahun 1950-an, berorientasi kepada mesin, dan lebih mudah dipelajari. Yang termasuk dalam golongan ini adalah Assembler Language, yang merupakan Low-Level Programming Language.
High-Level Programming Language, tersebut timbul setelah adanya komputer generasi ketiga yang berorientasi pada penyusun dan bukan lagi kepada mesin dan untuk pengolahannya diperlukan penerjemah yang disediakan dalam mesin komputer yang disebut 'Compiler'

Mungkin itu saja yang dapat dibahas di topik kali ini. See you Later~

Yoo! Saya Dyo Mangestu adalah seorang Author/Penulis Lepasan yang masih mencari jati diri. Pecinta segala hal yang berbau Teknologi, tergila-gila sama Code, dan penikmat Game, tertarik dengan dunia Tulis Menulis..

Facebook Twitter Contact Us


Jangan pernah melukain hati-nya seorang Penulis
atau kau akan Abadi di dalam karyanya

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon