Bitcoin, Uang Masa Depan

Bitcoin, Uang Masa Depan -

Mungkin hanya beberapa orang yang tahu apa itu.
Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 dan diperkenalkan Oleh Satoshi Nakamoto
Apa itu bitcoin
Bitcoin berbasis cryptography dan merupakan sistem open source.

BitCoin (BTC/XBT) adalah mata uang peer-to-peer (p2p) digital terbaru yang dapat digunakan untuk menggantikan uang tunai dalam transaksi jual beli online.
BitCoin secara langsung didistribusikan antar pengguna tanpa diperlukan perantara.
Bitcoin memiliki beberapa satuan untuk mempermudah transaksi
Satuan Currency BTC
1 BTC = 1,000000000 bitcoin (nilai terbesar)
0,01 BTC = 1 cBTC = 1 centibitcoin (bitcent)
0,001 BTC = 1 mBTC = 1 milibitcoin (mbit / milibit / bitmill)
0,000001 BTC = 1 uBTC = 1 microbitcoin (ubit / microbit)
1SAT = 0,00000001 BTC (Sat atau satoshi adalah unit terkecil dari bitcoin)


Setiap transaksi pada Bitcoin disimpan dalam database jaringan Bitcoin.
Jaringan Bitcoin dikelola oleh jaringan desentralisasi yang diverifikasi oleh operator Bitcoin yang sering disebut Bitcoin Miner (Penambang bitcoin).

Bitcoin sering disebut oleh para supporter Bitcoin sebagai "emas digital"
Gold vs Bitcoins
Ini dikarenakan terdapat 6 kemiripan terhadap emas, yaitu:
Sumber Bitcoin dan Emas
Sebagai emas digital, bitcoin dihasilkan dari pertambangan digital yang akan mengeluarkan kode blok bernilai 25 BTC (pada Januari 2014) setiap 10 menitnya secara global.
Setiap 4 tahun, kode yang dikeluarkan akan berkurang setengahnya.
Pada tahun 2016 nanti, kode blok bitcoin yang akan dikeluarnkan hanya bernilai 12.5 BTC setiap 10 menit dan akan berhenti dikeluarkan tahun 2140.

Berkurangnya bitcoin setiap 4 tahun ini bertujuan untuk mempertahankan nilai dari bitcoin dengan mencegah terjadinya over supply bitcoin di masyarakat.
Kondisi supply yang terbatas ini cenderung akan mengakibatkan kenaikan harga secara pasti dan memicu terjadinya transaksi dan short-term investor untuk menjual belikan bitcoinnya sebagai sarana untuk mendapatkan profit. Pada akhirnya tindakan ini cenderung memaksa harga bitcoin untuk terus naik atau setidaknya stabil di kisaran harga saat ini, seperti emas yang semakin langka dan semakin mahal.
Volume per Transaksi
Saat ini, transaksi emas mulai mengecil jumlahnya dibandingkan belasan tahun lalu karena harga emas yang semakin tinggi.

Pada awal mulanya, Bitcoin diperjualbelikan dalam satuan terbesarnya yaitu per BTC (tahun 2009-2913).
Tetapi dengan semakin tingginya harga Bitcoin yang mencapai ratusan dollar, maka satuan yang dipergunakan dalam perdagangan pun ikut mengecil untuk memudahkan transaksi.
Umumnya, dalam bertransaksi sekarang para trader lebih mengunakan satuan mBTC atau milibitcoin.
Nilai Investasi
Bitcoin dalam segi investasi telah digunakan sejak awal diciptakan. Harga bitcoin terus mengalami kenaikan karena jumlah demand dari pasar yang semakin mempercayai ketangguhan dan stabilitas nilai tukar bitcoin.

Kenaikan jumlah permintaan ini tidak berbanding lurus dengan kenaikan supply dari bitcoin yang akhirnya membuat terjadinya kurva kenaikan harga bitcoin beberapa tahun belakangan.
Emas dan bitcoin adalah media investasi yan belakangan digemari oleh masyarakat dunia karena persamaan mengenai prinsip overdemand dengan supply terbatas ini.
Pengunaan Bitcoin
Emas dan Bitcoin banyak digunakan untuk trading dan investasi.
Salah satu platform terbesar adalah www.btc-e.com.
Untuk investasi di bitcoin dan emas pada dasarnya mempunyai kemiripan yaitu:
1. Membeli di harga murah dan menjual di harga mahal
2. Menjual di harga mahal dan membeli di harga murah
Jenis Transaksi
Emas dan bitcoin memiliki jenis transaksi "irreversible transaction" atau transaksi tidak dapat dibatalkan bila sudah diserahkan.
 Pada saat pembeli melakukan pengiriman dalam bentuk Bitcoin dan penjual telah menerimanya maka tidak ada cara untuk pembeli meminta balik bitcoin yang telah diberikan kecuali penjual yang mengirimkan balik Bitcoin yang diterimanya.
Penukaran Ke Mata Uang Kertas
Bitcoin maupun emas tidak akan berarti tanpa adanya sebuah lembaga yang mau menerima dan menukarkannya dengan mata uang lokal. Lembaga penerima / penjual tersebut dapat berupa toko emas maupun pegadaian atau dalam kasus bitcoin adalah bitcoin exchanger dan platform trading.

Pada Bitcoin juga digunakan dompet untuk penyimpanannya.
Bitcoin Wallet
Dompet ini disebut wallet yang terdiri dari dua bentuk yaitu, wallet local-copy (diinstall di komputer) dan eWallet online (Website penyedia wallet online).
contoh wallet local-copy:
- MultiBit
- Electrum
- Armory Bitcoin Client
- Hive Wallet

contoh eWallet online:
- Blockchain
- Coinbase
Juga terdapat paper wallet, yaitu wallet bitcoin cetak yang dapat dibuat di bitcoinpaperwallet.com lalu di print sendiri
Bitcoin Paper Wallet
Setelah membuat wallet, disarankan untuk terus mengingat password wallet tersebut dikarenakan tidak ada fitur lupa password pada wallet.
bitcoin untuk menjamin keamanan dari bitcoin tersebut, jadi berhati-hatilah.
(Saya pernah kelupaan dan kehilangan 0.004 BTC T_T dan saat itu 1 BTC = 9 jutaan IDR)
Setelah membuat wallet, maka account bitcoin terdiri atas Public key dan Private key.
Public key dan Private key
Private key adalah nomor rahasia yang memungkinkan untuk mengunakan bitcoin dan melakukan backup wallet bitcoin dan juga merupakan keamanan utama pada wallet bitcoin.
Jangan pernah memberikan private key wallet kepada orang lain, itu dapat berarti telah memberikan seluruh isi dompet kepada mereka.
Jadi hati-hati dalam penyimpanan private key.
Public key adalah alamat wallet yang dapat diberikan kepada orang lain saat ingin melakukan  sebuah transaksi.
Dan ini adalah Public key saya :3 / ~ 1EdBMvjdBGQy9w5HWcJE4sqT2KhjdUf6sq ~ ayo ada yang berminat membagikan bitcoin kepada saya :3

Cara kerja Bitcoin pun di ilustrasikan oleh Joshua J. Romero,Brandon Palacio dan Karlssonwilker Inc. dalam sebuah infographic.
Bitcoin transaction Works
 Untuk fullnya dapat dilihat di http://spectrum.ieee.org/img/06Bitcoin-1338412974774.jpg


Untuk mendapatkan bitcoin ada beberapa cara salah-satunya adalah dengan melakukan trading, investasi, mining ataupun dari website.
Untuk melakukan mining, akan sulit untuk melakukannya sendiri oleh karenanya terdapat cloud mining seperti cex.io, minerfarm.com (memberikan 10 GH/s gratis untuk pendaftar), ore-mine.org (tidak seperti yang lain, untuk yang ini dia mengunakan sistem waktu 8 jam untuk mendapatkan bitcoin sebanyak cloud mining yang sudah mereka tentukan), bitzfree.com (memberikan 25 GH/s gratis untuk pendaftar, memiliki fitur Hacking & Hacked, Mining Strategy, Bonus, dan pembelian Cloud mining dengan Bonus, Bitcoin, dan Paypal), Bitcoinmining, dll.
GH/s singkatan dari GigaHash per detik. Maksudnya adalah kemampuan miner yang dimiliki untuk melakukan hashing (penguraian) atas logarithma bitcoin. Juga terdapat MH/s, TH/s dan lainnya
Namun sebelum dapat melakukan mining, diharuskan untuk membeli alat mining yang berupa GH/s. Pada cex.io cara pembelian GH/s mengunakan sistem trading mengunakan USD, EUR, ataupun Bitcoin.

Untuk mendapatkan bitcoin secara gratis, dapat melewati beberapa website.
Berikut website yang memberikan bitcoin secara gratis yang saya ikut saat ini:
Freebitco.in
Freebitco.in memberikan bitcoin gratis setiap 1 jam, dengan minimal 0.00000887 BTC dan maksimal 0.88699663 BTC (jika beruntung).
pada Freebitco.in juga terdapat fitur Multiple BTC dan Lottery
Bitcoin14
Bitcoin14 memberikan bitcoin gratis setiap 1 jam, dengan minimal 1200 satoshi dan maksimal 5000 satoshi(jika beruntung).
pada Bitcoin14 memiliki sistem Event dan juga Bitcoin14 mengirim bitcoin yang sudah dikirim terlebih dahulu ke FaucetBOX.com dan kemudian dikirim ke Wallet yang dimiliki.
EarnBitcoinOnline
EarnBitcoinOnline merupakan saudara dari Bitcoin14.
EarnBitcoinOnline memberikan bitcoin gratis setiap 1 jam, dengan minimal 1200 satoshi dan maksimal 5000 satoshi(jika beruntung).
pada EarnBitcoinOnline memiliki sistem Event (yang saat ini sering didapatkan adalah 2x claim bitcoin) dan juga EarnBitcoinOnline mengirim bitcoin yang sudah dikirim terlebih dahulu ke FaucetBOX.com dan kemudian dikirim ke Wallet yang dimiliki.
Bitcoin Zebra
Bitcoin Zebra memberikan bitcoin gratis setiap 1 jam, dengan minimal 100 satoshi dan maksimal 3000 satoshi (jika beruntung).
Bitcoin Zebra lumayan ribet, dikarenakan pemasukan capchanya yang masih solvemedia (bukan recaptha yang sekarang lebih mudah) dan juga terjadi masalah pada timer jika sudah menutup tab dan membukanya setelah menutupnya dalam waktu yang lama
Daily Free Bits
Daily Free Bits memberikan bitcoin gratis setiap 1 jam, dengan 100 sampai 1200 satoshi (satoshi yang akan didapatkan tidak menentu).
Daily Free Bits memiliki kesulitan dimana harus memasukan wallet address terlebih dahulu sebelum mengambil bitcoin dan melihat timer
Satoshi Country
Satoshi Country memberikan bitcoin gratis setiap 15 menit, dengan satoshi yang tidak menentu dan tergantung dengan keberuntungan
Donald Coin
Donald Coin memberikan bitcoin tergantung dari jenis dan level dari account balance.
Donald Coin juga memiliki fitur view ads and get bitcoin dan juga Multiple Bitcoin with Slot Machines.
Game Faucet
Game Faucet lumayan unik, mereka memberikan sebuah game yang akan memberikan bitcoin setiap memainkannya
Saat ini Game Faucet masih memiliki 1 Game dan akan ada game baru tanggal 15 Oktober
Untuk mendapatkan payout dari Game Faucet, bitcoin yang dimiliki harus mencapai hingga 1 USD
Robot Coin Game
Robot Coin Game juga unik, cara untuk mendapatkan satoshi dengan mengalahkan musuh yang ada. satoshi yang didapatkan pun tergantung dengan level musuh.
Untuk menyerang hanya dapat dilakukan 5 menit 1 kali. Banyak darah musuh tergantung dari lvl musuh dan kekuatan serang tergantung dari level yang dimiliki. level yang dimiliki dapat di upgrade dengan membayarnya dengan bitcoin.
Btc-Free
Btc-Free memberikan bitcoin gratis setiap 30 menit, dengan 3500 satoshi
Pada Btc-Free, bitcoin dikirim terlebih dahulu ke FaucetBOX.com dan kemudian dikirim ke Wallet yang dimiliki.

Pada Btc-Free lumayan ribet, dimana tombol Get Reward asli berada di bawah dan setelah dibuka diharuskan untuk menekan tanda panah di bawahnya dan ditambah sulitnya melakukan pengambilan bitcoin lagi (bahkan saya harus mengunakan anonymox untuk mengambil bitcoin lagi ==)
Saat melakukan pengambilan bitcoin, diharapkan untuk menonaktifkan adblock.
Ini dikarenakan ads merupakan pemasukan utama mereka dan jika anda mengunakan adblock atau sejenisnya.
Maka mereka tidak akan mendapatkan pemasukan dan berimbas kepada lamanya payout dan bahkan penutupan website.
Cryptocurrency

Selain Bitcoin, juga terdapat mata uang cryptocurrency lain seperti Litecoin (yang disebut-sebut perak digital), Dogecoin (nilainya kecil namun populer), Namecoin dan banyak lagi.

Jika tertarik dengan website diatas, saya mohon untuk membukanya langsung dari link yang saya berikan.
Dikarenakan disana merupakan link referal yang dapat membantu saya dan tidak akan merugikan anda.
Dengan anda melakukan registrasi dari link tersebut, itu sangat membantu dan berharga buat saya,Thanks
Ok mungkin itu aja, see you later :).

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon