Tips menguasai software secara maksimal!!

Tips menguasai software secara maksimal!! - Mungkin berapa orang mengatakan kalau menguasai software itu susah, apalagi pindah dari software 1 ke satunya lagi. (wah gak bakal tuh :v, saya aja males tuh)
Tips menguasai software secara maksimal!!
Ya, tapi terkadang ada alasan untuk berpindah ke software lain, baik itu untuk alasan platform (Sistem Operasi) , kreatifitas, fitur, kecepatan, dan harga.

Menurut saya, pindah ke software lain itu gampang kok, apalagi kalau sudah menguasai software yang sistemnya mirip dengan software yang dituju.
Mau tau kayak mana saya menguasai software itu (Penasaran.... :v)
Ok, seperti ini caraku menguasai software dengan cepat (Kuharap... :v) :

1. Berdoa

Berdoa
Well, Semua harus dimulai dengan doa. Jadi ya sebaiknya berdoa dulu sebelum melakukan sesuatu (Biar berkahhh :v).

2. Memahami Bahasa inggris

Bahasa inggris adalah bahasa yang paling penting didalam komputer (Ya, karena Software pertama dibuat dengan bahasa inggris dan bahasa inggris merupakan bahasa internasional).
Memahami Bahasa inggris
Setidaknya, diharuskan memiliki memampuan memahami bahasa inggris meski itu secara dasar (Kecuali, mengunakan software tertentu yang memiliki bahasa indonesia bahkan bahasa daerah).

3. Memilih software yang sesuai dan diinginkan

Sebelum mengenalnya lebih lanjut, sebaiknya pikirkan software apa yang benar-benar akan digunakan.
Ada baiknya untuk memilih dengan bijak sebelum mempelajarinya.
Memilih software yang sesuai dan diinginkan
(Jujur saja, saya sering mendapatkan masalah dibagian ini. Yaaaa, jadi banyak software mirip yang kupelajari, tapi enggak kepake akhirnya = = ).
Ya, setidaknya lihat kekurangan dan kelebihan software agar tidak terjadi penyesalan dimasa mendatang.
(Tidak ada salahnya sih memilih semua software meski itu memiliki sistem yang sama. Namun setidaknya terdapat software yang difokuskan menjadi titik kekuatan kreatifitas (Istilahnya itu :v))

4. Ask. Software, What You Can Do!?

Ini sebenarnya hanyalah sebagai penyemangat diri sendiri (Apalagi jika belajar secara otodidak, wah bisa mati gara gara boring XD). Lihat apa yang bisa software itu lakukan, salah satunya dengan melihat hasil karya profesional dari seseorang yang pro terhadap software yang dipilih( Seperti aku :3 ( Ngarep dikit gak masalah kan :v )).
Ask. Software, What You Can Do!?
Suatu yang tampak wah dan sungguh hebat, akan mendorongmu untuk mempelajari lebih software tersebut.
Hal ini juga agar tidak menyesal dikemudian hari, dimana ada beberapa hal yang ternyata tidak bisa dilalukan Software tersebut.
Sebenarnya ada cara lain untuk membuatmu lebih bersemangat, yaitu Uang.
Untuk beberapa software, Setiap hasil yang dibuat dapat dijual dengan di website-website tertentu. Apalagi hasil 3D Modeling yang dapat dijual di Website GameEngine tertentu untuk digunakan sebagai objek game (Tapi bukan berarti hasil asal-asalan akan diterima, Mereka pasti akan memilih yang terbaik).

5. Telusuri Software tersebut

It's time for adventure!!!, Saatnya mengoprak-aprek Software yang ingin dipelajari!
Setiap software memiliki beberapa fitur-fitur khusus, namun beberapa fitur itu sama. Seperti Menubar, Toolbox, Work Canvas, Window pallete, dan beberapa hal lainnya.
Telusuri Software tersebut
Lakukan semua yang bisa dilakukan dan simpulkan apa kegunaan dari setiap fitur yang ada, meski kesimpulan itu salah maupun benar.
Jujur saja, disaat mempelajari sebuah software sendirian. Sangat dibutuhkan pemahaman dan pengunaan logika yang baik.

6. All Software have almost same shortcut!!

Jika telah mengunakan beberapa software pasti mengenal shortcut keyboard seperti Ctrl + S, Ctrl + X, Ctrl + Shift + Z, Ctrl + X ( Apalagi Ctrl + C ditambah Ctrl + V :v).

Semua software memiliki shortcut keyboard yang hampir sama, Namun juga terdapat yang beda seperti CorelDraw yang mengunakan shortcut Ctrl + Z untuk Undo dan Ctrl + Shift + Z untuk Redo.

sedangkan Adobe Photoshop yang mengunakan CTRL + Z untuk Undo namun saat ditekan kembali menjadi Redo, Jika mengunakan Ctrl + Alt + Z akan memberikan Undo penuh dan Ctrl + Shift + Z akan memberikan Redo penuh.

Apalagi software GIMP, Mengunakan Ctrl + Z untuk Undo dan mengunakan CTRL + Y untuk Redo.
All Software have almost same shortcut!!
Meski penekanannya berbeda, namun semua itu sama ( Apalagi, software yang memiliki sistem yang sama ). Sistem shortcut merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi seorang profesional ( Udahlah, pasti tahu siapa itu ;) ) dikarenakan akan membuat pekerjaan 2 kali lebih cepat dari sebelumnya, jadi sebaiknya dipelajari untuk lebih menguasai software tersebut.

7. Mari mencari tutorial

Now, start to doing something with that software!!, Carilah sebuah tutorial dari internet, kusarankan untuk mencari tutorial video dengan resolusi dan suara yang baik dan juga sudah ditingkat intermediate ( Itu jika memiliki pemahaman bagus ).
Mari mencari tutorial
Bukan berarti harus membuat yang persis seperti yang ada ditutorial, tapi buatlah lebih baik dan lebih keren dari yang ada ditutorial. Tidak lupa untuk memahami apa yang dia lakukan.
( Sebenarnya sih kusarankan untuk tidak mengikuti tutorial tersebut, Namun pahami dan mengimplementasikannya ke pekerjaan yang berbeda tetapi dengan teknik yang sama ).

8. Tutorial not enough?, Search tips and tricks

Memang kadang tutorial itu tidak lah cukup ( Bahkan saya sering bosan melihatnya = = ).
Maka sebagai alternatif, kusarankan untuk mencari tips dan trick mengunakan software tersebut.
Tips dan trik akan memberikan mengetahuan lebih tepat untuk menguasai suatu fitur di Software yang digunakan.
Tutorial not enough?, Search tips and tricks
Terkadang, tips dan trik memberikan informasi secara langsung yang hanya diperuntukan untuk intermediate dan terkadang hanya sebatas hal kecil yang berhubungan dengan konsep namun dapat digunakan dengan baik.

9. Share your achieved to friends or community

Sama seperti point ke 4, tujuan dari hal ini adalah untuk menyemangatkan diri sendiri.
Jangan selalu menyimpan hasil anda, karena pada dasarnya sebuah karya dinilai oleh orang lain bukan diri sendiri.
Share your achieved to friends or community
( Saya sangat menyarankan hal ini, dikarenakan saya pernah membuat sebuah hasil dan tidak di share. Hasil itu seperti tidak ada gunanya. Namun, kalau bisa berikan yang terbaik menurutmu )
Sharelah kepada teman ataupun komunitas yang sesuai dengan hasil yang dimiliki dan tunggulah kritik dan saran dari mereka.

10. Boring? Stop!

Maksudku adalah jangan terlalu memaksakan diri. Jika sudah merasa bosan dengan Software itu, segera berhenti dan mencari sesuatu yang menyenangkan hingga siap untuk mempelajari Software itu lagi (Take some donut and hot chocolate, then Relax :3).
Boring? Stop!
Alasannya adalah Software yang digunakan untuk bekerja/berkarya berbeda dengan Game.
Mungkin akan sulit bosan jika bermain game dalam waktu yang lama ( Namun tidak untukku, saya mudah bosan dengan game ), Namun tidak untuk Software yang sering digunakan untuk bekerja/berkarya.
Software itu hanya akan memberikan tampilan yang begitu-begitu saja, yang berubah hanya apa yang dikerjakan disana.

Oleh karenanya ada kemungkinan yang lebih besar untuk bosan pada Software itu ketimbang game.
Jika sudah merasa bosan dan terus memaksakan diri, bisa-bisa akan terjadi sesuatu yang kunamakan bosan permanen ( Sering kulakukan untuk cepat berhenti bermain game ).
Sebenarnya cara agar mempelajari software tidak mudah bosan adalah melakukan apa yang diinginkan. Sebuah hasil yang sangat bagus akan membuat ingin mempelajari dan membuat lebih banyak karya..
Namun saya sarankan, beristirahat dengan melihat hasil-hasil karya orang-orang profesional sesuai dengan software yang dipelajari. Dengan begitu, akan menambahkan semangat 45 untuk mempelajari software tersebut :3

Karakter diatas adalah karakter unofficial Cat-DTech. cuman buat rame-ramein aja :v. Jika kalian mau tau gimana maskot official Cat-DTech, tunggu tanggal mainnya :3
Ok, mungkin itu saja. Bagaimana pendapatmu dengan tips ku, keren gak :v? Kalau ada masalah, saya akan bertanggung jawab kok :3

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon