Kontrak untuk Software

Kontrak untuk Software - Setelah sebelumnya ada Kontrak untuk Hardware, kali ini kita akan membahas Kontrak versi Softwarenya. So daripada bertele-tele, ini dia penjelasan Kontrak untuk Software.

Software merupakan terminologi yang perlu diperjelas lagi, karena jika tidak akan timbul dispute atau sering disebut perselisihan antara pembeli dengan penjual. Seperti halnya kasus Honeyell Inc. dengan Lithonia Lighting Inc. pada tahun 1970 di Amerika Serikat (USA), yang kemudian melahirkan rumusan software yang semula hanya berkaitan dengan Programming dan tentu saja berkaitan dengan Data Processing. Hal ini dirumuskan menjadi :

Software denotes the information loads into the machine and the directions given the machine (usually by card or teleprompter) as to what it is to do and upon what material. Software is also frequently uses to include "Support" - that is, advice, assistance, counselling and sometimes even expert engineering help furnished by the vendor in loading the machine for a certain Programme such as inventory control or preparation of payroll.
atau jika diartikan kurang lebih seperti berikut :
Software menunjukkan beban informasi ke dalam mesin dan petunjuk yang diberikan mesin (biasanya dengan card atau teleprompter) seperti apa yang harus dilakukan dan melakukannya pada materi apa saja. Software ini juga harus mencakup "Support/Dukungan" - seperti, saran, bantuan, konseling dan kadang-kadang diperlukan juga Programmer bantuan dilengkapi oleh vendor yang berguna mengatur Program tertentu seperti pengendalian persediaan atau persiapan penggajian.


Hal ini perlu dibedakan dengan System Programme yang di desain khusus untuk membantu pengguna/user, sedangkan Applications Programme yang didesain khusus untuk menangani keperluan seperti Personal Files atau Payroll. Oleh karena itu, yang jadi permasalahan disini adalah jika terjadi kegagalan dalam pengoperasian komputer, "Who will be Responsible ?". Hal ini harus dinyatakan dengan jelas dalam kontrak. Permasalahan tentang Program juga menjadi salah satu bagian kritisnya, terutama jika pengguna/user telah menggunakan berbagai merk komputer (hardware) dan menginginkan supaya satu dengan lainnya kompatibel ("Its impossible man! -_- ") sementara setiap vendor merk komputer tidak menjamin integrasi tersebut berjalan lancar sesuai keinginan pengguna/user.

Dalam mempersiapkan kontrak ini, hal yang penting adalah merinci spesifikasi jenis tugas pembuatan Program yang bersangkutan sekaligus besarnya biasa yang dikeluarkan oleh pengguna/user. Perlu ditegaskan bahwa Source Code itu harus bersifat Orisinil dan tidak membabi buta, sehingga tidak disalah gunakan User atau Vendor lainnya

Yoo! Saya Dyo Mangestu adalah seorang Author/Penulis Lepasan yang masih mencari jati diri. Pecinta segala hal yang berbau Teknologi, tergila-gila sama Code, dan penikmat Game, tertarik dengan dunia Tulis Menulis..

Facebook Twitter Contact Us


Jangan pernah melukain hati-nya seorang Penulis
atau kau akan Abadi di dalam karyanya

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon