Garansi

Garansi - Ini adalah sebuah hal yang paling penting dalam membeli suatu barang dan menjadi sebuah nyawa kedua untuk barang yang kita beli.
Garansi
Garansi adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu.
Garansi diberikan pada barang barang tertentu yang biasanya mahal dan sulit dibeli. Lama Garansi biasanya selama 1 tahun tergantung dengan perusahaan yang memberikan.
Garansi biasanya ada 2, yaitu garansi distributor dan garansi resmi.
Garansi Distributor
Garansi Distributor

Garansi distributor biasanya didapatkan jika membeli di toko-toko terdekat yang bukan resmi dari perusahaan namun mendapat izin perusahaan untuk mendistribusikannya.
Biasanya pada barang yang memiliki garansi distributor juga terdapat garansi perusahaan


Garansi Resmi
Garansi Resmi

Garansi resmi bisa didapatkan dengan membeli
di toko resmi atau website resmi dari perusahaan. Garansi ini biasanya lebih menjamin dari pada garansi distributor dan berlaku diseluruh Service Center resmi (tergantung dengan ketentuan perusahaan).




Untuk menandakan suatu barang memiliki garansi, kebanyakan digunakan stiker khusus (segel) atau terdapat kartu garansi didalamnya.
Untuk mengklaim suatu garansi, terdapat beberapa syarat. Namun yang paling penting adalah barang belum pernah dibongkar dan stiker segel belum rusak (jika ada).
Garansi terus aktif sampai batas waktu yang ditentukan, meski telah berkali kali digunakan selama barang masih sesuai dengan syarat yang ada.

Kebanyakan orang pasti membeli barang dari distributor, jadi jika ingin mengunakan garansi, maka harus diminta kepada distributor. Namun bagai mana jika kita lupa dengan toko tempat kita membeli?
Terus apakah garansi itu sudah mati atau sudah habis waktunya?

Ada beberapa cara agar mengetahui hal hal berikut.
1. Dengan melihat dari stiker segel garansi.
Stiker Garansi Berikut adalah Garansi Distributor yang saya dapatkan dari harddisk saya.

Disana terdapat 4 angka dengan 4 digit berada disetiap sudut (lingkaran hijau), 12 angka dengan 2 digit mengitari tulisan (lingkaran ungu), dan logo di tengah.

Garansi EditPada bagian angka di setiap sudut (lingkaran hijau) terdapat angka 2013, 2015, 2016 dan satu angka yang dihitami yaitu 2014
Pada bagian angka yang mengitari (lingkaran ungu) terdapat angka 01, 03, 04, 05, 06, 07, 08, 09, 10, 11, 12 dan satu angka yang dihitami yaitu 02

Jika kita artikan, maka artinya harddisk itu dibeli pada bulan 2 tahun 2014
Lalu bagaimana untuk mengetahui dimana toko tempat  membeli harddisk itu?

Disana terdapat sebuah logo di tengah stiker, dari sanalah kita tahu dimana toko tempat pembelian.
Jika logo adalah sebuah logo yang sangat jelas menunjukkan sebuah toko, maka tinggal disesuaikan saja.
Jika logo berupa singkatan seperti pada stiker garansi harddisk saya, maka kita harus pintar-pintar untuk menebak kepanjangan dari toko itu atau dengan mencari nama toko yang sesuai dengan singkatan tersebut.

2.Dengan melihat dari website asli.
Untuk melakukan pengecekan lewat website asli, memiliki berbeda-beda cara tergantung perusahaan mana yang memberikannya.
Untuk kali ini, saya akan menunjukan cara melihat melihat garansi harddisk seagate saya di website aslinya.
Pertama kita menuju website seagate, untuk kali ini saya akan langsung ke tempat khusus mencek website di http://support.seagate.com/customer/en-US/warranty_validation.jsp
Seagate Website
Website support Seagate
Disana terdapat input box, yang terdiri Seagate customer number, Serial number, Model number OR Part number. kemudian terdapat pilihan Country dan pengisin Captcha.
Disana kita melihat terdapat input box yang memiliki bintang, yang artinya harus diisi.
Lalu darimana kita bisa dapat Serial number dan Model number yang harus diisi?
Nomor itu berada di Harddisk saya.
Seagate Serial number
Disana terdapat S/N (lingkaran kuning) yang merupakan Serial number dan P/N (lingkaran ungu) yang merupaka Part number atau Model number.

Dan sekarang saya akan memasukan S/N dan P/N ke website.

Kemudian tinggal Submit.
Dan berikut adalah hasil milik saya.
Warranty Valid
ya kebetulan punya saya sudah mati, maka saya mendapat hasil Out of Warranty.
Ok, mungkin itu aja. Untuk mengunakan garansi silakan menuju ketempat distributor, jika kalian lupa di distributor mana kalian membelinya. Kalian dapat melakukannya di toko resmi.
Ok, See you later, bye :)

Hanya Komentar Relevan yang akan ditanggapi oleh Author, selebihnya tidak..

EmoticonEmoticon